Monday 24 February 2014


Cara Matematisasi Kehidupan Nyata



        Pendekatan Matematika realistik Indonesia (PMRI) memang identik dengan pembelajaran matematika yang menggunakan sesuatu yang real atau nyata dalam kehidupan sehari – hari. Semua konteks masalah nyata tentunya tidak semua bisa di matematisasi untuk digunakan dalam pembelajaran. Dan tentunya bagaimana cara mematematisasi masalah dalam kehidupan nyata.
      Traffers menjelaskan pandangan bagaimana cara mematematisasikan masalah kehidupan nyata ke dalam pembelajaran matematika. Dua pandangan cara matematisasi ini yaitu matematika horizontal dan matematika vertikal.
     Pandangan cara matematisasi ini diadopsi oleh Freudhental dalam bukunya yang terakhir yang menyatakan bahwa mematematisasikan secara horizontal yaitu masalah berangkat dari dunia kehidupan untuk diinterpretasikan kedalam simbol – simbol matematika. Sedangkan mematematisasikan secara vertikal membawa dunia nyata ke dalam simbol – simbol matematika. Secara konsep kedua pandangan ini sama dan menekankan kedua aktivitas ini melingkupi seluruh aktivitas matematika.
        Traffers juga menjelaskan bahwa pendekatan empirik hanya lebih fokus pada matematisasi horizontal, sedangkan pendekatan struktural hanya membatasi pada matematisasi secara horizontal. Dan pendekatan secara mekanis tidak ada pada keduanya. Seperti dikatakan Trafer dan Goffer, cara matematisasi ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika. Pandangan ini mempunyai peran dalam membentuk model – model matematika dari dunia nyata. 

Sumber : Artikel " The Didactical Use of Models in Realistic Mathematics Education : An Example From A Longitudinal Trajectory On Percentage" oleh Marja Van Den Heuvel-Panhuizen 
Ditulis kembali oleh : Insan Agung Nugroho, Mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

Refleksi Perkuliahan Filsafat Ilmu-Etik dan Estetika Pertunjukan Wayang

Refleksi Perkuliahan Filsafat Ilmu Prof Marsigit MA. Etik dan Estetika Pertunjukan Wayang Oleh : Insan Agung Nugroho/PmC 2017 Ass...